Kamis, 13 Oktober 2011

LINUX atau MICROSOFT WINDOWS?


Seperti judul di atas, di postingan kali ini saya mencoba sedikit membahas tentang Operating System "Linux dan Microsoft Windows". Oke, kita mulai dari Linux terlebih dahulu.

Unix atau yang sekarang kita kenal dengan Linux adalah sistem operasi yang bersifat OpenSource. OpenSource dalam arti Indonesianya adalah kode terbuka, tetapi bukan ini yang dimaksud dengan OpenSource. Yang dimaksudkan disini adalah suatu program yang berlisensi OpenSource berarti program tersebut membuka kode programnya sehingga siapa saja bisa mengutak-atik untuk mempelajari program tersebut (hebat bukan??).
Kalau saya menyebut distro-distro linux adalah "OS HALAL", hahaha..
Tapi jika anda berfikiran bahwa semua OpenSource itu free alias gratis, anda salah!, karena tidak semua program OpenSource itu free. Seperti OperatingSystem RedHat Linux, program linuxnya tetap dibeli dengan harga yang murah.
Oke, kita lihat beberapa distro linux yang mungkin diantaranya sudaah cukup kita kenal.
Gambar di bawah ini menunjukkan distro-distro linux..
Kita lihat, banyak sekali distro-distro linux yang diberikan secara gratis, anda tinggal download, masukin ke cd atau flashdisk dan langsung pakai. And juga bisa mencobanya tanpa menggangu OS anda (jika anda memakai windows). 

Jika anda ingin memulai menggunakan Linux, tapi ragu-ragu untuk menghapus OS windows anda, buatlah komputer anda menjaadi dual boot, jadi satu komputer 2 OS. Bagi anda ingin memulai, mulailah dengan OS Linux Ubuntu, selain mudah digunakan, ubuntu juga sangat ringan. Jika anda memakai Windows sering berkeluh kesah karena baru satu jam komputer di pakai browsing udah lemot, lain halnya dengan ubuntu. Ubuntu juga mengeluarkan beberapa versi seperti Xubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu.

Dan satu OS Linux BackTrack, weeitss... yang satu ini OS yang dirancang untuk security atau keamanan. OS yang satu ini banyak dipakai hacker. Sampai saat ini backtrack sudah dikeluarkan hingga versi 5 yang baru saja dirilis.

Microsoft Windows, sebuah Sistem Operasi yang mewajibkan penggunanya membeli OSnya tanpa terkecuali. Sehingga banyak para hacker-hacker mengincar windows sebagai lahan untuk di crack. Sudah banyak beredar dimana saja bajakan windows. Saya menyebut OS satu ini dengan sebutan "OS HARAM", karena kebanyakan orang tidak membeli OS ini. Jika anda mempunyai windows, dan windows itu bajakan, siahkan matikan Automatic Updatenya agar terhindar dari sistem keamanan windows.

Tidak seperti linux dengan berbagai distro-distronya, windows semakin mengembangkan sayapnya untuk menjadi Sistem Operasi yang banyak dipakai oleh masyarakat.
Disamping ini kita lihat berbagai versi Microsoft Windows.
1. Windows 1
2. Windows 2
3. Windows 3.0
4. Windows 3.1
5. Windows 3.11
6. Windows NT 3.1
7. Windows NT 3.51
8. Windows NT 4.0
9. Windows 95
10. Windows 95 Plus
11. Windows 98
12. Windows 98 Plus
13. Windows ME
14. Windows 2000
15. Windows xp
16. Windows Vista
17. Windows 7
Dan yang baru di liris tahun ini adalah windows 8. Wow, windows sangat gencar bersaing dengan pesaing OSnya.

Untuk sekarang, orang-orang masih banyak memakai Windows XP dan Windows 7.
Menurut saya XP lebih mudah di pakai dan tidak seribet windows 7 dengan kuatnya keamanan di OS itu.


Bila anda lihat ilustrasi disamping ini, anda pasti tahu mengartikannya, kita lihat perbandingan windows dan linux. Windows mengharuskan kita membeli OS, sedangkan linux, kita tidak perlu membeli, kita hanya tinggal mendownloadnya saja.












Sumber:
Wikipedia
Pemula Linux
Ubuntu
Backtrack
Linux Indonesia

2 komentar:

  1. :music: gw lebih milih linux lah.. 8-)
    agan pake OS apa?

    BalasHapus
  2. se7,. gua pilih linux.
    kan gratis ?? hehe

    BalasHapus