Selasa, 23 Maret 2010

Ir. Soekarno

MOSHI-MOSHI

haha...kali ini kita membicarakan tentang hidup yang penuh perjuangan.
sebelumnya kita flashback ke zaman dahulu kala[cieh..]..

Kita akan membicarakan tentang sang proklamator INDONESIA yaitu Ir. Soekarno.
Siapa yang gk kenal beliau, dari anak TK ampe kakek-kakek yang udah uzur aja kenal ama sang proklamator ini[ya iya la, namanya juga udah kakek-kakek pasti tw lah..]


Soekarno lahir di Blitar, tepatnya di Jawa Timur 06 Juni 1901 adalah presiden pertama Indonesia priode 1945 sampe 1966. Kehidupannya sangat penting bagi bangsa Indonesia, karna dialah sang proklamator Indonesia agar Indonesia merdeka sampe sekarang.

Soekarno dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali.

Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, seorang kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan ke Hoogere Burger School (H.B.S.) di sana sambil mengaji di tempat Tjokroaminoto. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa).

Tamat H.B.S. tahun 1920, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung, dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.

Istrinya, ibu Fatmawati, beliau adalah wanita yang menjahitkan bendera SANG SAKA MERAH PUTIH.
Siapa yang gk kenal??

Lahir di Bengkulu pada tahun 1923 dan meninggal dunia di Jakarta pada tahun 1980 dan dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta. Ia adalah istri ke-3 dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Ia juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945. Dari pernikahannya dengan Soekarno ia dikaruniai 5 orang anak.

0 comment:

Posting Komentar