Minggu, 08 Januari 2012

Keamanan Website

Orang yang melakukan tindakan, merusak, jahil, mencuri data, di dunia internet disebut hacker, cracker, peretas atau entah apalah..memang dapat membuat pemilik situs kelabakan, kecewa, jengkel, sedih, marah atau tersenyum (yang terakhir ini tentunya pemilik situs adalah seorang hacker yang sebenarnya).
Kemudian apa langkah selanjutnya oleh pemilik situs setelah mengetahui situsnya kena hack ? Apakah mengubur situsnya, membuat situs lagi, mencari konsultan keamanan, lapor polisi, atau menjauh dari dunia internet ? Kalau ditanggapi dengan kepala dingin, tentunya kita akan berpikir lagi, mengapa situs saya kena hack ? Kemudian mencari jalan keluarnya.
Langkah pertama yang perlu dipikirkan adalah bagaimana jangan terulang kembali kejadian di atas, bukan ? Itupun kalau mau tetap eksis di dunia maya. INGAT kalimat berikut ini dan pahami ! “TIDAK ADA TINGKAT KEAMANAN YANG BENAR-BENAR 100% AMAN DI INTERNET” juga berlaku di semua bidang. Lantas apa yang harus diperbuat ?. Mengurangi, mempersulit, memperlambat, menutup celah keamanan adalah tindakan tepat. Seorang hacker akan membuat ide dan terobosan baru dalam dunia hacking. Siapa cepat akan dapat.

Pemilik situs baik personal atau perusahaan besar tentunya berbeda penanganan masalah keamanan. Kalau hanya sekedar blog pribadi yang hanya berisi opini, artikel haruskah membayar untuk masalah keamanan websitenya? Akan tetapi untuk situs berisi data-data penting, rahasia, mereka investasi yang tidak sedikit untuk masalah keamanan.
Kenyataan, situs KPU Indonesia konon menginveskan 150 M, berhasil dijebol oleh Xnuxer alias Dany Firmansyah tahun 2004. Jasakom milik STO (pakar hacker) yang merupakan situs forum hacker pun bisa dideface. Situs, TNI, Situs pemerintah lainnya, TVOne bisa di obok-obok. Di luar pun, Google pun sempat kelabakan dengan ulah hacker melalu Gmailnya. NASA, Gedung Putih, bank-bank tidak luput dari ulah hacker.
Di sini saya tidak membahas secara detail bagaimana membuat keamanan website, terlalu banyak artikel yang membahasnya silahkan search. Hanya memberi gambaran bahwa keamanan website tidak  menjamin 100%. Situs ini lenterakecil.com telah tertimpa sial kena deface 4 kali, saya ucapkan terima kasih kepada yang mendeface karena memperingatkan kecerobohan saya. Siapa tahu giliran Anda, semoga tidak. ;)

sumber : here


1 komentar:

  1. wah, bnyak hal yg hrus diperhatikan ya buat keamanan website..

    BalasHapus